No comments yet

Oleh oleh bandung martabakbolu di Okezone

Terlampir dari Portal Okezone.com
Food & Resto

Jelajah Martabak

MODIFIKASI bentuk dan isi martabak menghasilkan varian baru seperti martabak mini, martabak jamur, martabak bolu, hingga steak martabak. Ada dua kategori martabak, yakni manis dan asin-gurih.

Martabak manis yang juga dikenal sebagai “kue terang bulan” atau “kue pinang Bangka” mengacu pada sejenis pancake atau omelet besar berisi cokelat atau keju parut. Sementara martabak asin-gurih (martabak telur) umumnya digunakan daging ayam dan sapi cincang, udang, sayuran.

Lalu disajikan dengan acar atau kuah saus berasa pedas, manis, asin. Seiring persaingan usaha yang makin ketat, orang pun kian kreatif memodifikasi resep menjadi makanan unik. Nasib ini pun dialami martabak. Saat ini, isi camilan berat ini tak hanya cokelat, keju, dan kacang tanah tumbuk.

Ditemui juga martabak manis isi wijen, kismis, kenari, jagung,hingga durian. Di Bali, jenis martabak jamur yang kaya protein juga banyak diserbu pembeli. Sementara di Semarang, restoran bernama Ufo mengklaim sebagai kafe martabak pertama di Indonesia dengan menu andalan steak martabak.

Metamorfosis martabak juga terjadi dalam ukuran. Di Kelapa Gading Jakarta misalnya, terdapat gerai Martabak Unyil Fatmawati yang menyediakan menu favorit martabak mini manis isi durian dan martabak telur ikan tuna. Ingin berkenalan dengan ragam martabak favorit lainnya?

Martabak Bolu Golden Bell

Bentuk dan rasanya seperti martabak biasa, hanya teksturnya lebih lembut dan empuk mirip kue bolu. Walaupun sudah 4-6 hari, masih tetap empuk dan tidak terlalu berminyak. Nadia, salah seorang pemilik, menjamin produknya itu bebas pengawet. Triknya hanya pada pengadonan. Berbeda dengan martabak umumnya, martabak bolu juga dimakan tidak dalam kondisi panas.

“Martabak bolu cocok untuk oleh-oleh karena bisa tahan hingga tiga hari. Bahkan, jika masuk lemari es bisa tahan sampai 1 minggu,” kata Nadia yang telah setahun membuka usaha ini bersama adiknya. Kendati gerainya hanya ada di Bandung, martabak bolu lebih dikenal di luar Bandung.

Sejumlah pelanggannya bahkan sudah membawanya hingga ke Singapura, China, Hong Kong, dan Belanda sebagai oleh-oleh bagi sanak saudaranya. Satu kotak martabak bolu dengan pilihan rasa keju, cokelat, kacang, kismis (atau campurannya) dibanderol Rp27.500- Rp30.000. (sindo//mbs)

 

Post a comment